Rabu, 09 Maret 2011

Proposal LK 2 Tingkat Nasional HMI cab. Limboto 1-9 April 2011.

I. DASAR PEMIKIRAN
Masyarakat Indonesia yang relijius dewasa ini sedang terpuruk dalam himpitan krisis dan terbelakang dalam berbagai aspek kehidupan. Laporan pengamat asing satu dekade yang lalu tentang Indonesia yang penuh dengan the lousy work ethics and serious corruption (etos kerja yang payah dan korupsi yang nemen) ternyata kini tidak bisa digugat lagi. Krisis ekonomi yang kemudian menjadi krisis politik, diyakini bersumber dari krisis moral. Pembangunan nasional yang selama ini berorientasi pada pertumbuhan ekonomi dan terciptanya stabilitas nasional terbukti telah meruntuhkan sendi-sendi moral dan etik yang seharusnya melandasi seluruh praktek politik dan ekonomi bangsa ini. Kenyataan ini sudah sewajarnya dibaca sebagai kegagalan pembangunan di bidang agama. Agama yang seharusnya memberikan sumbangan terbesar dalam pembentukan budaya dan moralitas luhur bangsa tidak mampu memberikan landasan etis bagi penciptaan manusia Indonesia yang berbudi luhur atau akhlaqul karimah. Salah satu inti sikap budi luhur adalah amanah atau trust yang agaknya selama ini masih jauh dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran agama sementara ini sering dipisahkan dari kepedulian sosial dan lingkungan. Sebagai konsekuensi logis muncullah dikotomi wahyu dengan alam, wahyu dan akal, serta antara wahyu dan realitas sosial. Dikotomi yang pertama telah menyebabkan kemiskinan penelitian empiris dalam pendidikan agama serta jauhnya apresiasi kaum agamawan terhadap alam Indah Indonesia, samudra nang cantik, dan dikotomi kedua telah melanggengkan wajah keberagamaan yang monotonik. Sedangkan dikotomi yang ketiga telah mengabsahkan sikap keberagamaan yang lebih mementingkan kesalihan pribadi dari kesalehan sosial.
Kontrol sosial demikian melemah dalam sosio-relijus budaya kita karena kaum elit agama terlalu menyatu dengan kekuasaan serta umat sudah terbiasa dalam iklim ketidak jelasan dan budaya pasif. Social control yang lemah pada dasarnya juga diakibatkan oleh ketidak seimbangan pemahaman ajaran hablum minallah (in bond with God) dan hablum minannas (in bond with people). Karena ajaran yang terakhir tidak populer maka masyarakat kita sudah terkondisi dalam tradisi dan suasana yang membiarkan korupsi melembaga. Penyebab korupsi total ini di antaranya disebabkan pemahaman dan penghayatan agama yang lebih mementingkan seremoni di atas substansi, ritual di atas kekhusyukan pribadi, serta kesalehan pribadi di atas kesalehan sosial dan kelaparan rakyat. Dengan kata lain masih tampak jelas fenomena keberagamaan yang sering memilah-milah kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa, serta berekonomi.
Jika kita menemukan kenyataan tradisi menghormati berbeda pendapat yang merupakan salah satu tiang demokrasi, lemah dalam dunia Islam khususnya di Indonesia, barangkali hal ini tidak bisa dipisahkan dari suburnya ajaran taqlid (irrational appeal: dalam bahasa ilmiah), fanatisme dalam budaya kita, serta kolonialisme Belanda yang sangat lama. Perlu kita renungkan mengapa demokrasi ternyata lebih mulus berjalan di Filipina, Thailand, dan Malaysia yang memiliki mantan penjajah non-Belanda. Melihat kenyataan ini kita harus memutar arus untuk mengembangkan tradisi menghormati dan mencari hikmah beda pendapat yang dilandasi dengan moral agama. Menarik untuk disimak bahwa dalam al-Qur'an tidak kurang dari 170 kali kata sami`a disebutkan dengan berbagai macam bentuk dan substansinya.
Berbagai masalah sosial budaya dan keagamaan yang terjadi semakin memperjelas dan meyakinkan kita bahwa masalah kemerosotan moral dan kemiskinan adalah masalah kita bersama. Budaya bangsa kita disamping memiliki unsur-unsur positif harus diakui juga mengandung unsur-unsur negatif. Mental agraris telah mewarnai mentalitas manusia Indonesia. Cara pandang agraris mencerminkan sikap statis, tidak produktif karena pasrah pada siklus waktu. Melihat kondisi ini, culture of poverty (kultur miskin) yang masih menjadi ajang perdebatan para sosiolog, bisa jadi sah-sah saja dialamatkan ke bangsa kita. Hal-hal tersebut mengundang pemikiran mendalam untuk menata kembali kehidupan beragama yang lebih menyejukkan, santun, damai, dan peduli terhadap masalah-masalah social.
Akhirnya tolak ukur keberhasilan pembinaan agama di sini bukan lagi diukur dari jumlah, angka-angka tapi lebih dari sisi kualitas keberagamaan (relijiusitas) seseorang, kelompok, masyarakat, dan bangsa. Sejauh mana agama menjadi penggerak utama (prime-mover) dinamika kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dan sejauh mana agama memberi response dan solusi positif terhadap permasalahan-permasalahan sosial seperti kemiskinan, krisis moral, korupsi, kolusi, ketidakadilan, dan lain-lain. Agama tidak akan lagi dijadikan sebagai alat legitimasi untuk pembangunan di satu pihak, dengan melupakan penyakit-penyakit pembangunan, dan perubahan sosial yang lebih esensial di sisi lain.
Persoalan Umat dan bangsa adalah persoalan HMI yg berbasiskan Negara Indonesia, Sudah seharusnyalah HMI Merespon dan kemudian memberikan jawaban terhadap kondisi yg terlanjur menyelimuti sendi sendi kehidupan yang ada di Indonesia. Berangkat dari pemikiran di atas, maka HMI Cabang Limboto bermaksud mengadakan Intermediate Training (Latihan Kader II) Tingkat Nasional sebagai upaya dalam Merefleksi Kondisi Umat Dan Bangsa serta membangun tradisi intelektual di HMI sekaligus menjadikan pengetahuan sebagai arus utama dalam Problem Solving.

II. NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah ” Intermediate Training (LK II) Tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cab. Limboto”.


III. TUJUAN DAN TARGET
a. Tujuan :
Terbinanya Kader HMI yang mempunyai Kemampuan intelektual dan mampu mengelola organisasi serta berjuang untuk meneruskan dan mengemban misi HMI.
b. Target :
• Memiliki Kesadaran Intelektual ytang kritis, Dinamis, Progresif, Inovatif, dalam memperjuangkan misi HMI
• Memiliki kemampuanh manejerial dalam berorganisasi

IV. LANDASAN KEGIATAN
• Refleksi tafsir Al-Quran berkenaan dengan fitrah manusia (Ar-Rum:30), pengakuan terhadap Tuhan sebagai Zat Pencipta ( Al-Araf : 172) Kesetaraan (Al-Hujarat : 13), Keshalehan Individu maupun Kedalehan Sosial (Al-Qashash : 5 dan Al-Araf : 37)menegakan Kebenaran ( Al-Imran : 110), dan Ikhlas dalam perjuangan ( Al-An’am : 162-163)
• Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) HMI.
• Pedoman Pengkaderan Himpunan Mahasiiswa Islam

V. WAKTU DAN TEMPAT
Tempat : Gedung Marten Liputo, Kab. Gorontalo
Waktu : Jum’at - Sabtu, 01 April – 9 April 2011

VI. MATERI KEGIATAN
a. Materi screaning
1. Ke-Islaman
2. Konstitusi (Ke-HMI-an)
3. Nilai-nilai Dasar Perjuangan
4. Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi
5. Mision HMI
6. Wawasan Nasional
7. Makalah
b. Materi Kegiatan LK II
1. Teori-teori perubahan sosial
2. Pendalaman mission HMI
3. Pendalaman Nilai-nilai Dasar Perjuangan NDP HMI
4. Pendalaman idieopol stratak
5. Pendalaman kepemimpinan dan manajemen organisasi
6. Materi-materi yang mengacu pada tema kegiatan

VII. METODE PENCAPAIAN KEGIATAN

• Dalam pengelolaan latihan kader II ( intermediate training) untuk mencapai tujuan dan target digunakan metode sebagai berikut : ceramah, diskusi, studi kasus (simulasi), presensi dan testing Evaluasi Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan latihan dan pencapaian target latihan, penilaian:
a. Makalah dan uji makalah
Pengujian makalah dilakukan berdasar pada presentasi makalah pada saat training (Ditentukan Oleh MOT/SC) sedangkan pada saat screening hanya dilakukan pengujian aspek judul, perumusan makalah, sistematika penulisan, relevansi teori, judul dan masalah, penggunaan data, analisa dan solusi pemecahan masalah serta referensi. Penilaian presentasi makalah dilakukan secara partisipatif (peserta) dan oleh pemandu.
b. Kemampuan intelektual (kekayaan wacana, daya analisis dan kritis)
c. Pemahaman tentang nilai-nilai keislaman dan kebangsaan
d. Aktifitas forum
Penilaian aktifitas forum berdasarkan pada :
• Argumentasi/feed back
• Keterkaitan dengan masalah
• Analisa masalah
• Etika forum
e. Kepemimpinan (sikap moral dan kepekaan social)
f. Disiplin
Penilaian kedisiplinan berdasarkan pada kehadiran setiap session dengan tepat waktu dan keseriusan dalam mengikuti materi.
g. Penugasan (tertulis) dan presensi
Penilaian tertulis berdasarkan pada :
 Selisih pre test dan post test
 Resume Banding Baik indifidu maupun kelompok

VIII. BOBOT PENILAIAN DAN SKALA PENILAIAN
a. aspek kognitif 40%
b. aspek apektif 30%
c. aspek psikomotorik 30%
1. 0 – 50 = Tidak Lulus
2. 51 – 100 = Lulus Besyarat
3. 101 – 200 = Lulus Cukup
4. 201 – 500 = Lulus Memuaskan


IX. PESERTA KEGIATAN
Kegiatan ini akan diikuti oleh utusan dari HMI cabang Se-Indonesia sesuai kualifikasi panitia yang memenuhi persyaratan dengan penilaian sebagaimana terlampir.

XI. SUMBER ANGGARAN KEGIATAN
Dalam kegiatan LK II tingkat nasional HMI cabang Limboto ini kami menggunakan dana yang berasal dari:
1. Kas HMI cabang Limboto
2. Sumbangan instansi pemerintahan dan swasta
3. Sumbangan simpatisan dan alumni HMI
4. Kontribusi peserta
5. Sumber dana yang halal dan tidak mengikat

XII. ORAGANISASI KERJA
Organisasi kerja LK II tingkat Nasional HMI Cabang Limboto ini terdiri dari Master Of Training (MOT) sebagai pemandu jalannya kegiatan, steering commite (SC) sebagai tim pengarah dan Organizing comittee (OC) sebagai panitia pelaksana

XIII. LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Persyaratan Peserta
2. SK Susunan Panitia Penyelenggara
3. Anggaran Biaya Kegiatan
4. Agenda Acara
5. Daftar peserta

XIV. PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun sebagaimana acuan pelaksanaan kegiatan Intermedite Training (LK II) Tingkat Nasional HMI Cabang Limboto untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya, serta sebagai pertimbangan berbagai pihak dalam memberikan bantuan. Semoga kegiatan ini mampu memberikan kontribusi dan sumbangsih yang positif dalam pengembangan Sumber Daya Insani pembangunan bangsa. Semoga apa yang kita berikan dan lakukan mendapat Ridha Allah SWT. Amin
Billahitaufiq Walhidayah
Wassalu alaikum Wr. Wb.
Limboto , 5 Rabiul Akhir 1432 H
9 Maret 2011 M
Organizing Committee
Intermediate Training (LK II)
HMI Cabang Limboto
Ttd Ttd
Rustam Yusuf Andre Bone
Ketua OC Sekretaris

Mengetahui,
PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM
HMI CABANG LIMBOTO

Ttd

FACHMI RUDIAWANSYAH MOPANGGA
KETUA UMUM

Lampiran I
PERSYARATAN PESERTA INTERMEDITE TRAINING ( LKII ) TINGKAT NASIONAL IMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) CABANG LIMBOTO
PERSYARATAN

A. Persyaratan Umum.
1.Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan panitia.
2.Menginformasikan tentang keikutsertaan sebagai peserta kepada panitia 3 (tiga) hari sebelum tanggal pelaksanan.
3.Menyerahkan surat mandate atau rekomendasi dari pengurus HMI cabang asalnya masing-masing
4. Menyerahkan pas fhoto 3x4 sebanyak 4 lembar
5. Membayar kontribusi sebesar Rp. 150.000,- (Seratus Limu Puluh Ribu Rupiah), tanpa negosiasi .dan Dengan
rincian sebagai berikut :
No Keperluan Jumlah (Rp)
1 Makan, snack, dan penginapan selama training 136.000,-
2 ID Card 5.000,-
3 Block Note 5.000,-
4 Map 1.000,-
5 Sertifikat 3.000,-
Jumlah Total 150.000,-
6. Peserta wajib terlebih dahulu mengikuti Screening
7. Panitia mempunyai hak mencabut status peserta
8. peserta diwajibkan menghafal hadis maximal10 hadis dan mengetahui serta memaknai isi al-qur’an
9.Apabila salah satu tidak terpenuhi dari persyaratan, maka dipersilahkan dengan segala hormat untuk tidak datang.

B. Peryaratan Khusus.
1. Anggota HMI yang telah 6 (enam) bulan lulus LK I (Basic Training) dibuktikan dengan menyerahkan sertifikat LK I
2. Wajib membuat makalah dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Makalah sesuai tema yang telah ditentukan oleh panitia, pada masing-masing cabang.
b. Makalah diketik rapi minimal 18 lembar, Paper A4, karakter huruf Times New Roman, size 12, Line spasi 1,5, Margin : top 4 cm, Left 3 cm, Bottom 3 cm, Right 3 cm.
c. Makalah dibuat 3 rangkap.
d. Makalah dibuat dengan kaidah karya tulis Ilmiah.
e. Referensi pendukung makalah min 10 buku ( tidak termasuk artikel,Koran,dan internet.) dan referensi tersebut dibawa saat Screening makalah.

Lampiran II
SURAT KEPUTUSAN
NO : 036/KPTS/A/4/1432 H
TENTANG
KOMPOSISI PANITIA INTERMEDIATE TRAINING (LK-II)
HMI CABANG LIMBOTO
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Dengan senantiasa mengharap Ridho dan Rahmat Allah SWT, pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Limboto, setelah :
MENIMBANG : 1. Bahwa demi lancarnya kegiatan INTERMEDIATE TRAINING (LK-II)Tingkat Nasional HMI Cabang Limboto maka perlu diterbitkan SK Kepanitiaan;
2. Bahwa demi kelancaran proses pelaksanaan kegiatan tersebut pada point (1) maka perlu di bentuk Komposisi Panitia

MENGINGAT : 1. Anggaran dasar HMI;
2. Anggaran Rumah Tangga HMI,

MEMPERHATIKAN : 1. Pedoman perkaderan HMI;
2. Hasil keputusan rapat 4 Desember 2010 dan 8 Maret 2011 tentang Pembentukan Organizing Commite dan Stering Comittee Intermediate Training (LK-II) HMI Cabang Limboto

MEMUTUSKAN

MENETAPKAN : 1. Mengesahkan Komposisi Panitia (LK-II) HMI Cabang Limboto sebagaimana terlampir.
2. Surat keputusan ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab;
3. Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan akan ditinjau kembali tekecuali terdapat kekeliruan di dalam penetapannya.
Billahittaufiq Wal hidayah


Ditetapkan di : Limboto
Pada tanggal : 5 Rabiul Akhir 1432 H
9 April 2011 M

Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam
(HMI) Cabang Limboto

Ttd
FACHMI R. MOPANGGA
KETUA UMUM

Ttd
Ronal Van Mansyur
WASEKUM

Lampiran II: SURAT KEPUTUSAN NO : 036/KPTS/A/4/1432 H TENTANG KOMPOSISI PANITIA
INTERMEDIATE TRAINING (LK-II) TINGKAT NASIONAL HMI CABANG LIMBOTO

Penanggung Jawab : FACHMI R. MOPANGGA (KETUA UMUM HMI CABANG LIMBOTO)
MOT : IRVIN NEHRU
STERING COMMITTEE : SOFYAN ISHAK
USMAN H. BAY
ZAITUN K.DJABI
RAHMAD MOHAMMAD
YUSLAN SAMADI
AGUSTI M. GOMA
RINA MOBI
SILVIANA YUNUS TANIU
MOHAMAD AVAN SUYANTO
GHALIB LAHIDJUN
ISKANDAR BASOAN
GUSTAN GOMA
STENLI NIPI
NUR ISTYAN HARUN
SEYHAN ALAMRI
RUSTAM YUSUF (ex. Office)

1. KETUA : Rustam Yusuf
2. SEKERTARIS : Andre Bone
3. BENDAHARA : Santi Pakaya
4. SEKSI-SEKSI
a. ACARA
KOORDINTAOR : Iramaya Nusa
ANGGOTA - Jefri Jakaria
- Hadijah Hamzah
- Suharti
- Mirwana Pammu
-Harty Bachtiar

b. ADMINISTRASI
KOORDINTAOR :Mimin Yunus
ANGGOTA - Ramin Lanio
- Meylandris Laima
- Abdul Wahab Olii
- Izkar
- Nurwita Ismail

c. DANA
KOORDINATOR : Melisa Towadi
ANGGOTA - Indri Pomou
- Olvin Mayorina JS. Pakili
- Putra Mokodompit
- Eva Rahmawati Haras
d. PERLENGKAPAN
KOORDINTAOR : Riyanto Ismail
ANGGOTA - Yoslan K. Koni
- Yowan Sukarna
- Abdulrahman Adjilahu
- Ayub Rasyid
- Infrans Mayulu
e. DOC DAN PUBLIKASI
KOORDINATOR : Marten Abas
ANGGOTA - Suleman Adjilahu
- Ronal Anwar
- Fredi Eyato
- Ismail Dani
- Yasin Mahadjani
f. TRANSPORTASI
KOORDINATOR : Romatun Alamri
ANGGOTA - Siska Ahaya
- Chandra
-Fader Zuberi
- Minarty Mobonggi
- Betris Udonti
g. KEAMANAN
KOORDINATOR : Riyan Nasaru
ANGGOTA - Sucipto Potabuga
- Jamal
- Rois Potale
- Siska Yusuf
h. KONSUMSI
KOORDINATOR : Vita Charolina Kahar
ANGGOTA - Sri Nispa Y. Slamet
- Marmawira Kau
- Susan Pakaya
- Selin Due
- Wati Mada
- Wati Maya
i. KESEHATAN
KOORDINATOR : LKMI HMI Cabang Limboto







Lampiran III
ESTIMASI DANA INTERMEDIATE TRAINING (LK II) TINGKAT NASIONAL HMI CABANG LIMBOTO
Tanggal 01 – 09 April 2011
1. Kesekretariatan
No. Uraian Volume Satuan Harga Satuan (Rp) Jumlah
1 Kertas Kop 2 rim 85,000 170,000
2 Amplop Berkop 1 dus 25,000 25,000
3 Tinta Printer 3 buah 25,000 75,000
4 Pengiriman Proposal 100 buah 100,000 1,000,000
5 Penggandaan Draft materi 61 buah 10,000 610,000
6 Stiker 200 buah 2,000 400,000
7 Id Card Panitia dan Peserta 80 buah 500 40,000
8 Stempel Panitia 1 buah 30,000 30,000
9 Tinta dan bantalan 1 buah 10,000 10,000
10 Spidol 10 buah 5,000 50,000
11 Kwitansi 1 buah 5,000 5,000
12 Komunikasi 20 buah Voucer 50,000 1,000,000
13 Pembuatan Vandel 20 buah 100,000 2,000,000
14 Kertas Plano 150 buah 250 37,500
Jumlah 5,452,500

2. Akomodasi dan Transportasi
No. Uraian Volume Satuan Harga Satuan (Rp) Jumlah
1 Sewa Gedung (8Hari) 1 Ruang 1,000,000 8,000,000
2 Sewa Kamar (6 hari) 65 kamar 50,000 19,500,000
3 Sewa Mobil (6 hari) 1 unit 300,000 1,800,000
5 BBm 100 liter 4,800 480,000
Jumlah 29,780,000

3. Perlengkapan, Publikasi dan Dokumentasi
No. Uraian Volume Satuan Harga Satuan (Rp) Jumlah
1 Spanduk 8 lembar 200,000 1,600,000
2 Dekorasi 1 paket 500,000 500,000
3 Bendera HMI/merah putih 200 buah 9,000 1,800,000
4 Perlengkapan sidang 1 paket 200,000 200,000
5 Cuci cetak film 3 buah 50,000 150,000
6 PPK 1,500,000
Jumlah 5,750,000

4.Konsumsi
No Uraian Volume Satuan Harga Satuan (Rp) Jumlah
1 Snack pembukaan 250 buah 3,000 750,000
2 Makan pembukaan 250 buah 7,000 1,750,000
3 Makan peserta 61x3x6 orgxhari 7,000 7,686,000
4 Makan panitia 20x3x6 orgxhari 7,000 2,520,000
6 Cofee dan Snack Peserta 61x2x6 orgxhari 3,000 1,098,000
7 Aqua 10 kardus 25,000 250,000
Jumlah 14,054,000

REKAPITULASI
No Uraian Jumlah
1 Kesekretariatan 5,452,500
2 Akomodasi dan Transportasi 29,780,000
3 Pubdekdok 5,750,000
4 Konsumsi 14,054,000
Jumlah 55,036,500

Jumlah keseluruhan biaya adalah 55,036,500 (Lima Puluh Lima Juta Tiga Puluh Enam Ribu Lima Ratus Rupiah)
Informasi hubungi:

1. Fachmi Mopangga (Ketua Umum) : 085256678813
2. Rustam Yusuf (Ketua Panitia) : 085256406405
3. Andre Bone (Sekretaris Panitia) : 085240255920
4. Gustan Goma (Kabid PA) : 085256907168








Lampiran IV
AGENDA ACARA
INTERMEDIATE TRAINING (LK II) TINGKAT NASIONAL
HMI CABANG LIMBOTO

Jum’at, 01 April 2011
Waktu Materi Pemateri/Pelaksana
07.00-11.00 Regristasi Peserta OC
11.00-13.00 Ishoma
13.00-23.30 Screening Peserta Team Screening



Sabtu, 02 April 2011
08.00-18.30 Lanjutan Screaning Team Screaning
19.00-19.30 Persiapan Pembukaan OC
19.30-21.00 Upacara Pembukaan
Membangun tradisi Intelektual : upaya menjadikan pengetahuan sebagai arus utama dalam Problem Solving.

Anas Urbaningrum
Dr. Ir. Gusnar Ismail (Gubernur Gorontalo)

21.00-23.00 Pengantar Assesment peserta; pemahaman bersama mengenai muatan latihan, tujuan, metodologi dan Membangun Landasan IntermediateTraining Pemandu





Minggu, 03 April 2011

Waktu Materi Pemateri/Pelaksana
07.30-08.30 Persiapan Acara OC
08.30-09.00 Pre Test Pemandu
09.00-12.00 Materi I
TEORI-TEORI PERUBAHAN SOSIAL

“SCIENTIFIC Islam : Interpretasi Paradigma Islam Dalam Kultur Sosial”
• Prof. Dr. Amien Rais (Mantan Ketua MPR-RI)
• Razak Umar (Intelektual Muda)
• Funco Tanipu (Akademisi)
12.00-13.00 Ishoma
13.00-16.00 Materi II
TEORI-TEORI PERUBAHAN SOSIAL
Perhelatan Teori-teori Sosial di Dunia Barat dan Islam.

• Prof. M. Dawam Rahardjo (Intelektual Muslim)
• Basri Amin (Intelektual Muda)
16.00-16-30 Isho
16.30-17.30 Diskusi Kelompok Peserta
17.30-19.00 Ishoma
19.00-22.00 Materi 3
Sinergi HMI : upaya mendekonstruksi golden frezzar.
• Andi Sukmono Kumba
• Hamzah Sidiq
22.00-23.30 Pendalaman Materi Pemandu



Senin, 04 April 2011

Waktu Materi Pemateri/Pelaksana
07.30-08.00 Persiapan Acara OC
08.00-09.00 Review Materi Peserta
09.00-12.00 Materi IV
HMI Dalam Sejarah : Refleksi dan Kritik Terhadap Fase-fase HMI
• Prof. Dr. Agussalim Sitompul

12.00-13.00 Ishoma
13.00-16.00 Materi V
Gerakan Organisasi Mahasiswa : Mewujudkan Independensi dan perjuangan HMI.
Kabid PTKP PB HMI
16.00-16.30 Isho
16.30-17.30 Diskusi Kelompok Peserta
17.30-19.00 Ishoma
19.00-22.00 Materi VI
Pendalaman NDP

“Gerakan Pengetahuan Sebagai Proses Objektifikasi Terhadap Nilai-nilai Keislaman”

• DR. Muh. Sabry AR, M.Ag
• Muclisani Ichsan
22.00-23.30 Pendalaman Materi Pemandu

Selasa, 05 April 2011

Waktu Materi Pemateri/Pelaksana
07.30-08.00 Persiapan Acara OC
08.00-09.00 Review Materi Peserta
09.00-11.00 MateriVII
Pendalaman NDP

“Relasi Nilai-nilai Islam Sebagai Pondasi Gerakan Pengetahuan dan Pembangunan Peradaban Indonesia Abad 21 .

• Thoriq Modanggu (Cendekiawan Muslim)

11.00-13.00 Ishoma

13.00-16.00 Materi VIII
Pendalaman Mission

“Mempertegas Independensi HMI : otokritik terhadap landasan perjuangan kader HMI.
• Sekjen PB HMI
2010-2012
16.00-16.30 Isho
16.30-17.30 Diskusi Kelompok Peserta
17.30-19.00 Ishoma
19.00-22.00 .Materi IX
Pendalaman Mission

Aktualisasi Mission HMI : Antara Idealitas dan realitas”
• Noer Fajriansyah
Ketum PB HMI
2010- 2012

22.00-23.30 Diskusi Kelompok Peserta

Rabu, 06 April 2011

Waktu Materi Pemateri/Pelaksana
07.30-08.00 Persiapan Acara OC
08.00-09.00 Review Materi Peserta
09.00-12.00 Materi X
Upaya pemberantasan mafia Hukum :
Antara harapan dan kenyataan.

• Egy Sudjana
• Kapolda Gorontalo
• Kajati Gorontalo
12.00-13.00 Ishoma
13.00-16.00 Materi XI

Transformasi Nilai : membentuk karakter generasi berbudi luhur upaya merefleksi sistem Pendidikan ,

• Dr. Amir Joneng
• Prof. Dr. Nelson Pomalingo
• Weni Liputo
16.00-16.30 Isho
16.30-17.30 Diskusi Kelompok Peserta
17.30-19.00 Ishoma
19.00-22.00 Materi XII
KMO

Urgensi kepemimpinan dalam manajemen strategis kelembagaan gerakan sosial

• Dr. Sulastomo (Mantan Ketua Umum PB HMI)
• Marten Taha (Ketua DPRD Prov. Gorontalo)
• Dahlan usman
22.00-23.30 Diskusi Kelompok Peserta


Kamis, 07 April 2011

Waktu Materi Pemateri/Pelaksana
07.30-08.00 Persiapan Acara OC
08.00-09.00 Review Materi Peserta
09.00-11.00 Materi XIII
IDIOPOLSTRATAK

“Islam dan Politik Mewujudkan Peradaban bangsa

• Anas Urbaningrum (Mantan Ketua Umum PB HMI)
• Elnino M. Husain Mohi (Anggota DPD R)


11.00-13.00 Ishoma

13.00-16.00 Materi XIV
IDIOPOLITORSTRATAK

“Nilai Etik Politik Dalam Pandangan Islam”
• Dr. Ir. Akbar Tandjung (Politisi)
• Arifin Dzakani (Anggota DPRD Prov. Gorontalo )
16.00-16.30 Isho
16.30-17.30 Diskusi Kelompok Peserta
17.30-19.00 Ishoma
19.00-22.00 Materi XV
Pengembangan Kepemimpinan kaum muda : Upaya mewujudkan demokrasi yang bermartabat dan berwibawa.

• Ahmad Dolli Kurnia
• Rusdiyanto Monoarfa
• Amin Mootalu
22.00-23.30 Diskusi Kelompok Peserta


Jum’at, 08 April 2011

Waktu Materi Pemateri/Pelaksana
07.30-08.00 Persiapan Acara OC
08.00-09.00 Review Materi Peserta
09.00-12.00 Materi XVI
Gender dalam persfektif Hukum dan Sosial

• Lilan Dama (Akedemisi)
• Sri Dewi Nani (Aktifis perempuan)
12.00-13.00 Ishoma
13.00-16.00 Materi XVII
Ekonomi Pancasila: antara harapan, tantangan dan peluang dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan sejahtera

• Bupati Gorontalo Utara
16.00-16.30 Isho
16.30-17.30 Analisa dan Studi Kasus Lapangan Peserta
17.30-19.00 Ishoma
19.00-22.00 Diskusi Kelompok
Peserta

22.00-23.30 Post Test (Evaluasi Akhir) Mot/SC



Sabtu, 09 April 2011

Waktu Materi Pemateri/Pelaksana
08.00-09.00 Perumusan Rekomendasi Peserta
09.00-09.30 Persiapan Acara Penutupan OC

09.30-12.00 Upacara Penutupan
12.00-13.30 Ishoma
13.30-....... Sayonara


Lampiran V
DAFTAR PESERTA
INTERMEDITE TRAINING (LK II) HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM
(HMI) CABANG LIMBOTO

Asal Cabang Code Makalah Jumlah Utusan
BADKO HMI NAD
HMI Cabang Banda Aceh I 1
HMI Cabang Lhokseumawe II 1
HMI Cabang Langsa III 1
HMI Cabang Takengon IV 1
HMI Cabang Sigli V 1
HMI Cabang Meulaboh VI 1
HMI Cabang Kutacane VII 1
HMI Cabang Kota Jontho Aceh Besar VIII 1
HMI Cabang Tapak Tuan IX 1

BADKO HMI SUMATERA UTARA
HMI Cabang Medan X 1
HMI Cabang Binjai XI 1
HMI Cabang Langkat XII 1
HMI Cabang Kisaran Asahan XIII 1
HMI Cabang Pematang siantar XIV 1
HMI Cabang Labuhan batu XV 1
HMI Cabang Padang sidempuan XVI 1
BADKO HMI SUMATERA BARAT
HMI Cabang Padang XVII 1
Hmi cabang Solok I 1
Hmi cabang Sawahlunto Sijunju II 1
Hmi cabang Lubuk Sikaping III 1
Hmi cabang Batu Sangkar IV 1
Hmi cabang Paya Kumbuh V 1
Hmi cabang Bukit Tinggi VI 1
Hmi cabang Padang Panjang VII 1
Hmi cabang Pariaman VIII 1
BADKO HMI RIAU-KEPRI1
HMI Cabang Pekanbaru IX 1
HMI Cabang Renget X 1
HMI Cabang Dumai XI 1
HMI Cabang Tembilahan XII 1
HMI Cabang Jambi XIII 1
HMI Cabang Batam XIV 1

BADKO HMI SUMBAGSEL
HMI Cabang Palembang XV 1
HMI Cabang Indralaya XVI 1
HMI Cabang Lubuk linggau XVII 1
HMI Cabang Sungai penuh I 1
HMI Cabang Sorolangun II 1
HMI Cabang Muara berlian III 1
HMI Cabang Bangka IV 1
HMI Cabang Pangkal pinang V 1
HMI Cabang Bandar lampung VI 1
HMI Cabang Metro VII 1
HMI Cabang Batu raja VIII 1
HMI Cabang Bengkulu IX 1
HMI Cabang Curup X 1
HMI Cabang Muara bungo XI 1
HMI Cabang Kerinci XII 1
BADKO HMI JABOTABEKA-BANTEN
HMI Cabang Jakarta (P) Barat XIII 1
HMI Cabang Jakarta pusat-utara XIV 1
HMI Cabang Jakarta Selatan XV 1
HMI Cabang Jakarta timur XVI 1
HMI Cabang Cilegon XVII 1
HMI Cabang Karawang I 1
HMI Cabang Ciputat II 1
HMI Cabang Bogor III 1
HMI Cabang Persiapan Kota Bogor IV 1
HMI Cabang Bekasi V 1
HMI Cabang Depok VI 1
HMI Cabang Serang VII 1
HMI Cabang Pandeglang VIII 1
BADKO HMI JABAR
HMI Cabang Bandung IX 1
HMI Cabang Subang X 1
HMI Cabang Sukabumi XI 1
HMI Cabang Garut XII 1
HMI Cabang Tasikmalaya XIII 1
HMI Cabang Ciamis XIV 1
HMI Cabang Jatinangor-Sumedang XV 1
HMI Cabang Kuningan XVI 1
HMI Cabang Purwakarta XVII 1
HMI Cabang Kabupaten bandung I 1
HMI Cabang Majalengka II 1
HMI Cabang Karawang III 1
HMI Cabang Cianjur IV 1
HMI Cabang Cirebon V 1
HMI Cabang Persiapan Indramayu VI 1
BADKO HMI JATENG-DIY
HMI Cabang Pekalongan VII 1
HMI Cabang Bulaksumur VIII 1
HMI Cabang Magelang IX 1
HMI Cabang Purwokerto X 1
HMI Cabang Kudus XI 1
HMI Cabang Surakarta XII 1
HMI Cabang Yogyakarta XIII 1
HMI Cabang Persiapan Kebumen XIV 1
HMI Cabang Solo XV 1
HMI Cabang Persiapan Blora XVI 1
HMI Cabang Semarang XVII 1
HMI Cabang Sukoharjo I 1
HMI Cabang Salatiga II 1
BADKO HMI JATIM
HMI Cabang Malang III 1
HMI Cabang Ponorogo IV 1
HMI Cabang Surabaya V 1
HMI Cabang Jember VI 1
HMI Cabang Persiapan Pacitan VII 1
HMI Cabang Tulungagung VIII 1
HMI Cabang Kediri IX 1
HMI Cabang Bojonegoro X 1
HMI Cabang Banyuwangi XI 1
HMI Cabang Pamekasan XII 1
HMI Cabang Jombang XIII 1
HMI Cabang Tulung agung XIV 1
HMI Cabang Bangkalan XV 1
HMI Cabang Pasuruan XVI 1
HMI Cabang Sumenep XVII 1
HMI Cabang Pacitan I 1
BADKO HMI NUSRA
HMI Cabang Denpasar II 1
HMI Cabang Mataram III 1
HMI Cabang Kupang IV 1
HMI Cabang Bima V 1
HMI Cabang Singaraja VI 1
HMI Cabang Selong VII 1
HMI Cabang Sumbawa VIII 1
BADKO HMI KALBAR
HMI Cabang Pontianak IX 1
HMI Cabang Singakawang X 1
HMI Cabang Sintang XI 1
HMI Cabang Mempawah XII 1
HMI Cabang Ketapang XIII 1
BADKO HMI KALTIM
HMI Cabang Samarinda XIV 1
HMI Cabang Tenggarong XV 1
HMI Cabang Balikpapan XVI 1
BADKO HMI KALSEL-KALTENG
HMI Cabang Banjarmasin XVII 1
HMI Cabang Palangkaraya I 1
HMI Cabang Barabai II 1
HMI Cabang Bajar baru III 1
HMI Cabang Amuntai IV 1
HMI Cabang Pers Kuala Kapuas V 1
HMI Cabang Kandang VI 1
BADKO HMI SULTENGGO
HMI Cabang Manado VII 1
HMI Cabang Tondano VIII 1
HMI Cabang Bitung IX 1
HMI Cabang Bolaang Mangandow X 1
HMI Cabang Limboto XI 15
HMI Cabang Gorontalo XII 5
HMI Cabang Palu XIII 3
HMI Cabang Poso XIV 3
HMI Cabang Luwuk Bangai XV 3
HMI Cabang Toli-Toli XVI 3
HMI Cabang Persiapan Boalemo XVII 3
BADKO HMI SULSELRA
HMI Cabang Makasar I 1
HMI Cabang Makasar Timur II 1
HMI Cabang Gowa Raya III 1
HMI Cabang Kendari IV 1
HMI Cabang Bone V 1
HMI Cabang Bulukumba VI 1
HMI Cabang Bau-Bau VII 1
HMI Cabang Palopo VIII 1
HMI Cabang Unhas IX 1
HMI Cabang Pinrang X 1
HMI Cabang Pare-Pare XI 1
HMI Cabang Wajo XII 1
HMI Cabang Soppeng XIII 1
HMI Cabang Polemaju XIV 1
HMI Cabang Sidrap XV 1
HMI Cabang Maros XVI 1
HMI Cabang Persiapan Jeneponto XVII 1
BADKO HMI MALUKU-MALUKU UTARA
HMI Cabang Ambon I 1
HMI Cabang Tual II 1
HMI Cabang Ternate III 1
HMI Cabang Namlea-Buru IV 1
BADKO HMI PAPUA
HMI Cabang Jayapura V 1
HMI Cabang Monokwari VI 1
HMI Cabang Merauke VII 1
HMI Cabang Fak-Fak VIII 1
HMI Cabang Sorong IX 1


















Nomor : 01/B/OC-LK2 /04/1432 H
Lamp. : Satu Bundelan Proposal
Perihal : Permohonan Delegasi Kepada yang terhormat,
Pengurus HMI Cabang Se-Indonesia
Di,-
Tempat
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Teriring salam dan do’a semoga Allah SWT, senantiasa melimpahkan rahmat, taufiq serta hidayah-Nya kepada kita sekalian dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Amin

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Intermediate Training (LK - 2) Tingkat Nasional HMI cabang Limboto, maka kami memohonkan partisipasi saudara / (i) untuk mengirimkan delegasi sebagai peserta pada kegiatan dimaksud yang insyaAllah akan di selenggarakan pada :
Hari / tanggal : Jumat – Sabtu, 01- 09 April 2011
Tempat : Gedung Marten Lipotu, Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo
Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian, peran sertanya dan kerjasama diucapkan terima kasih.
Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas bantuan dan kebijaksanaannya diucapkan terima kasih.
Billahittaufiq wal hidayah
Wassalamua’laikum Wr.Wb

Limboto, 5 Rabiul Akhir 1432 H
9 Maret 2011 M
Organizing Committe
Intemediate Training (LK-2)
Tingkat Nasional HMI Cabang Limboto

Ttd Ttd
Rustan Yusuf Andre Bone
Ketua Sekretaris

Mengetahui,
Pengurus (HMI) Cabang Limboto

Ttd
FACHMI R. MOPANGGA
KETUA UMUM




BIODATA PESERTA
INTERMEDIATE TRAINING (LK II) TINGKAT NASIONAL
HMI CABANG LIMBOTO

Nama :______________________________________
Tempat/ Tanggal Lahir : _____________________________________
Alamat : _____________________________________
Asal Cabang : _____________________________________
No Telp. / HP : _____________________________________

Riwayat Organisasi
1. ____________________________________ Tahun ___________
2. ____________________________________ Tahun ___________
3. ____________________________________ Tahun ___________
4. ____________________________________ Tahun ___________
5. ____________________________________ Tahun ___________

Jenjang Perkaderan
1. ______________________________________________________
2. ______________________________________________________
3. ______________________________________________________
4. ______________________________________________________

Motto Hidup
_____________________________________________________________
Karya yang pernah dipublikasikan
1. ______________________________________________________
2. ______________________________________________________
3. ______________________________________________________
4. ______________________________________________________
5. ______________________________________________________





Limboto , ____________ 2011




(___________________________)

2 komentar: